
Kelas Pustaka Di SMP Taruna Nusa Harapan
Selamat datang di Kelas Pustaka, sebuah inisiatif khusus dari SMP Taruna Nusa Harapan untuk menumbuhkan cinta membaca dan mempererat hubungan siswa dengan buku. Kami percaya bahwa membaca adalah jendela dunia, dan melalui program ini, kami ingin memastikan setiap siswa memiliki kesempatan untuk membuka jendela itu.
Melalui Kelas Pustaka, kami mengintegrasikan aktivitas literasi langsung ke dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Setiap pagi, 15 menit sebelum pelajaran dimulai, seluruh kelas akan bergantian mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku. Didampingi oleh guru, sesi singkat ini bukan hanya tentang membaca buku pelajaran, melainkan juga kesempatan untuk menjelajahi cerita fiksi, menemukan fakta menarik dari buku nonfiksi, atau sekadar menikmati majalah kesukaan.
Selain itu, program ini juga menjadi bagian dari pelajaran Bahasa Indonesia. Sekali dalam seminggu, guru akan membawa setiap kelas ke perpustakaan selama satu jam penuh. Di sana, kegiatan membaca akan lebih terarah, seperti bedah buku, menulis ulasan, atau mencari referensi untuk tugas. Tujuan utama dari semua ini adalah agar perpustakaan tidak lagi terasa asing bagi siswa. Kami berharap Kelas Pustaka dapat membiasakan siswa untuk datang, memilih, dan meminjam buku secara mandiri, sehingga perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan akrab bagi mereka dalam setiap langkah perjalanan pendidikan.
Standar Operasional Prosedur (SOP) Kegiatan Pustaka
SMP Taruna Nusa Harapan
Tujuan
- Membudayakan literasi dan menumbuhkan minat baca siswa.
- Mengenalkan buku fisik dan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar.
- Mendorong siswa untuk terbiasa datang ke perpustakaan dan meminjam buku secara mandiri.
- Kegiatan Pagi (15 menit sebelum pelajaran dimulai)
1. Waktu dan Durasi
- Setiap hari Senin sampai Jumat.
- Durasi 15 menit, dimulai pukul 06.45 – 07.00 WIB.
2. Jadwal dan Pelaksanaan
- Setiap hari, ada satu kelas yang dijadwalkan secara bergantian untuk kegiatan literasi pagi di perpustakaan. Jadwal akan disusun dan ditempel di papan pengumuman sekolah serta diinformasikan kepada guru.
- Guru yang mengajar di jam pertama bertanggung jawab mendampingi kelasnya ke perpustakaan.
3. Prosedur Pelaksanaan
- Pada pukul 06.40 WIB, siswa dan sudah siap di perpustakaan.
- Doa pagi, menyanyikan Indonesia Raya, dan Mars TNH dilaksanakan di perpustakaan
- Pada kegiatan ini siswa dan guru harus membaca bahan bacaan fisik yang ada di perpustakaan yang menarik minat mereka. Mereka boleh membaca buku fiksi, nonfiksi, majalah, atau koran.
- Selama 15 menit, semua siswa dan guru fokus membaca dalam suasana yang tenang.
- Setelah 15 menit, guru mengajak siswa kembali ke kelas untuk memulai pelajaran jam pertama dalam suasana senang.
B. Kelas Pustaka dalam Pelajaran Bahasa Indonesia
1. Waktu dan Durasi
- Dilakukan satu kali dalam seminggu untuk setiap kelas.
- Durasi satu jam pelajaran (45 menit).
2. Jadwal dan Pelaksanaan
- Jadwal akan disusun berdasarkan jadwal pelajaran Bahasa Indonesia setiap kelas.
- Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia bertanggung jawab penuh untuk mengarahkan kegiatan di perpustakaan.
3. Prosedur Pelaksanaan
- Guru Bahasa Indonesia mengajak siswa ke perpustakaan pada jam pelajaran yang sudah ditentukan.
- Kegiatan ini dapat diisi dengan berbagai aktivitas, seperti:
- Membaca buku secara mandiri: Siswa memilih buku yang disukai dan membacanya.
- Bedah buku: Guru memilih satu buku dan meminta siswa untuk membaca dan mendiskusikannya.
- Menulis resensi atau ulasan singkat: Setelah membaca, siswa diminta menuliskan ringkasan atau pendapat mereka tentang buku yang dibaca.
- Mencari referensi: Guru memberikan tugas yang mengharuskan siswa mencari informasi dari buku-buku yang ada di perpustakaan.
- Pada akhir sesi, guru dapat menginstruksikan siswa untuk meminjam buku sebagai tindak lanjut. Guru harus mengingatkan siswa tentang prosedur peminjaman dan pengembalian buku.
- Setelah jam pelajaran selesai, guru memastikan semua siswa kembali ke kelas dengan tertib.
C. Tanggung Jawab dan Ketentuan Umum
- Guru: Mendampingi dan mengawasi siswa selama kegiatan pustaka berlangsung. Guru juga bertanggung jawab untuk memastikan kegiatan berjalan lancar dan siswa mematuhi peraturan perpustakaan.
- Siswa: Wajib menjaga ketertiban, kebersihan, dan kerapihan di perpustakaan. Siswa harus memperlakukan buku dengan baik dan mematuhi aturan peminjaman yang berlaku.
- Petugas Perpustakaan: Memastikan ketersediaan buku dan membantu proses peminjaman serta pengembalian.
- Evaluasi: Kegiatan ini akan dievaluasi secara berkala (misalnya setiap semester) untuk melihat efektivitasnya dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.
SOP ini disusun agar kegiatan literasi menjadi bagian integral dari keseharian siswa, tidak hanya sekadar formalitas. Dengan cara ini, diharapkan perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan akrab bagi siswa, sehingga tujuan untuk mendorong minat baca dan peminjaman buku dapat tercapai secara berkelanjutan.